MotoGP Press

Berita terbaru untuk pecinta MotoGP

Bos Dorna : Cal Crutchlow adalah Aset Besar MotoGP

Published on Selasa, 09 Juli 2013 07.58 // ,

Cal Crutchlow telah menjadi figur penting bagi MotoGP saat ini, hal ini membuat bos Dorna Sport Carmelo Ezpeleta secara diam-diam berusaha keras agar pembalap Inggris tersebut bisa mendapatkan tim yang tepat untuk musim 2014 dan sesudahnya.

Perubahan besar dari seorang rookie tahun 2011 menjadi salah satu kandidat terkuat dalam perebutan podium dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun telah melambungkan nama Cal Crutchlow, terutama di Inggris, yang merupakan salah satu pasar utama bagi Dorna selaku pemegang hak cipta MotoGP.

Pembalap Inggris ini dianggap memiliki daya tarik yang luar biasa di MotoGP yang mampu mengisi kekosongan jika sang juara dunia sembilan kali Valentino Rossi hengkang dari MotoGP.

Ezpeleta tak mengungkapkan lebih banyak tentang Crutchlow yang di Assen lalu menjadi pembalap Inggris pertama yang mampu naik podium di kelas primer dalam kurun waktu 12 tahun.

Mantan juara Supersport ini telah tiga kali meraih podium di empat balapan terakhir, termasuk di Assen dimana ia berhasil menempati posisi ketiga di belakang Rossi dan Marquez.

Saat ini Crutchlow sedang dalam tahap negosiasi perpanjangan kontrak dengan tim Monster Yamaha Tech 3, meski ia tetap bersikukuh ingin mendapatkan nilai kontrak dan paket motor yang lebih baik dari yang ia dapatkan sekarang.

Termasuk kenaikan gaji dan jaminan mendapatkan lebih banyak dukungan dari pabrikan untuk motornya YZR-M1. Saat ini ia pun sedang mengadakan pembicaraan dengan Ducati. Pabrikan asal Bologna ini tengah berusaha keras membujuk Crutchlow agar mau meninggalkan Yamaha dan membalap dengan Desmosedici serta membawanya keluar dari keterpurukan.

Crutchlow sebenarnya ingin tetap bertahan di tim Tech 3 yang berbasis di Prancis bersama Herve Poncharal untuk musim 2014, tapi dengan tambahan dukungan teknis dan kenaikan gaji.

Ezpeleta pun menyarankan agar Crutchlow tetap berada di Yamaha, meski situasi kontraknya saat ini kurang menguntungkan. Yamaha dikabarkan telah menandatangani kontrak dengan calon terkuat peraih gelar juara Moto2 Pol Espargaro bulan lalu untuk ditempatkan di tim Tech 3. Karena Bradley Smith juga masih terikat kontrak untuk musim 2014 dengan tim yang menaungi Crutchlow saat ini, maka negosiasi tidak akan berjalan mulus.

Kepada MCN Ezpeleta menjelaskan, "Cal sangat penting bagi kami, kami telah membicarakan hal ini dengan dewan direksi Dorna dan mereka sepakat akan membantunya semaksimal mungkin untuk mendapatkan paket motor yang tepat agar bisa membalap dengan baik.

"Skenario yang paling ideal adalah tetap bersama Yamaha, tapi kedua pihak juga harus saling menguntungkan. Jika tidak terjadi kesepakatan, kami akan memberikan pilihan lain. Cal adalah pribadi yang mudah bergaul dan semua orang suka padanya.

"Kami telah menemukan seorang pembalap yang baik diluar mapun di dalam lintasan. Kami meminta Yamaha agar merekrut Cal untuk musim 2014. Kami sadar setiap orang bebas menentukan pilihannya sendiri, tapi kami jelaskan kepada mereka bahwa Cal sangat penting bagi kejuaraan ini.

"Kami juga melakukan komunikasi dengan Herve tapi saat ini banyak pihak yang tertarik dengan Cal karena ia merupakan aset besar bagi MotoGP. Kami berusaha memahami keinginan setiap pihak dan kemudian kami bisa membantu mengatur sesuatunya. Kami sudah bicarakan ini dengan Herve dan Cal."
  

0 comments

Leave a comment

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!