MotoGP Press

Berita terbaru untuk pecinta MotoGP

Thailand Incar MotoGP 2015, Indonesia Belum Pasti

Published on Senin, 24 Juni 2013 13.49 // ,

Thailand akan menjadi negara pertama yang memanfaatkan popularitas besar MotoGP di Asia Tenggara dengan masuk ke dalam kalender MotoGP 2015.

Peminat MotoGP di Asia Tenggara meningkat tajam dalam dua tahun terakhir namun satu-satunya balapan di wilayah ini yang termaktub dalam kalender MotoGP adalah perlombaan di sirkuit Sepang Malaysia.

Perwakilan dari sirkuit baru Thailand yang diberi nama Buriram International Circuit (BRIC) sekitar 250 mil di sebelah utara Bangkok terbang ke Mugello belum lama ini untuk mengadakan pembicaraan lebih lanjut dengan bos Dorna Carmelo Ezpeleta.

Ia memberitahukan informasi terbaru tentang perkembangan sirkuit BRIC, yang didesain oleh desainer sirkuit ternama Hermann Tilke, yang telah mendesain Circuit de Americas, Sepang dan Istambul Park.

Perkembangan pembangunan sirkuit sesuai rencana dan Ezpeleta mengatakan kepada MCN bahwa penyelenggaraan balapan di Thailand akan tertera dalam kalender 2015.

"Di Mugello kami melakukan perbincangan dengan perwakilan proyek sirkuit di Thailand. Mereka katakan sirkuit akan segera rampung dan kemungkinan 2015 bisa masuk dalam kalender," ungkap bos Dorna berkebangsaan Spanyol tersebut.

Pasar utama di Asia Tenggara adalah Indonesia, namun belum ada perkembangan pembicaraan lebih lanjut apakah akan memperbaiki sirkuit Sentul atau membuat sirkuit baru.

"Sudah banyak perbincangan mengenai pembuatan sirkuit baru di tempat lain di Indonesia tapi tak satu pun yang pasti," kata Ezpeleta.

Dalam sebuah wawancara dengan MCN, bos Yamaha Lin Jarvis mengemukakan keinginannya agar MotoGP menjadi olah raga yang lebih mendunia.

Dengan penjadwalan empat balapan di Spanyol, tiga di Amerika dan dua di Italia, berarti 50% penyelenggaraan balapan tahun ini hanya mengambil tempat di tiga negara..  

Berulang kali Jarvis menyatakan akan perlunya penyelenggaraan balapan MotoGP di pasar yang memiliki perkembangan dan pertumbuhan sangat pesat yang menjadi bagian penting bagi penjualan sepeda motor.

Perundingan antara India dan Dorna menemui jalan buntu, namun disisi lain Argentina dipastikan akan mengisi kalender 2014 dan kemungkinan besar Brazil pun akan bergabung di 2015 untuk pasar utama Amerika Selatan.

"Menyelenggarakan kejuaraan MotoGP yang layak dan mendunia dengan jumlah balapan yang lebih banyak memang membutuhkan biaya cukup besar namun memperluas daya tarik media sejauh mungkin supaya dikenal para fans adalah sangat penting."  

Tags: ,

0 comments

Leave a comment

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!