MotoGP Press

Berita terbaru untuk pecinta MotoGP

Redding pecahkan kemenangan di Le Mans

Published on Selasa, 21 Mei 2013 07.24 //

Pembalap Britania Scott Redding sukses meraih kemenangan pertamanya di Le Mans di balapan basah Monster Energy Grand Prix de France. Kali ini Tim Marc VDS meraup dua podium sekaligus karena Mika Kallio pun memastikan dirinya menempati podium dua di saat sejumlah pembalap lain mengalami nasib sial di tengah-tengah pertarungan.

Kemenangan mengharukan Redding ini menjadikan dirinya sebagai pembalap Inggris pertama yang memenangi adu balap motor di Le Mans sejak Alan Carter berhasil menyentuh garis finis pertama di kelas 250cc tiga puluh tahun lalu. Kemenangan Redding sebelumnya diperoleh ketika membalap di kelas 125cc di Donington Park tahun 2008. Kemenangan kali ini bukanlah hal mudah lantaran di awal perlombaan pembalap 20 tahun ini terjerembab ke posisi sembilan di bagian kanan lintasan yang digenangi air karena hujan turun sangat deras pada malam sebelumnya.

Takaaki Nakagami sempat memimpin balapan di lap-lap awal bersama Pol Espargaro. Tak disangka kedua pembalap Tim Tuenti HP 40 Pol Espargaro dan Esteve Rabat yang juga pimpinan klasemen jatuh nyaris bersamaan di tikungan Musee sehingga urutan pembalap berubah di lap 3. Ini menjadikan keberuntungan bagi Nakagami dengan selisih waktu 3 detik di depan, namun empat lap kemudian pembalap Tim Italtrans Racing ini kehilangan kendali motornya di tikungan yang sama ketika tetesan air hujan membuat permukaan lintasan bertambah licin.

Kondisi lintasan yang setengah basah dan setengah kering membuat tidak kurang dari 10 pembalap harus mengakhiri balapan lebih awal, termasuk dua pembalap Mapfre Aspar Tech Moto2  Jordi Torres dan Nico Terol, Tim Interwetten Paddock Moto2 Racing Tom Luthi dan pembalap swadaya Gino Rea yang mampu mencapai posisi 12 dari posisi start di grid 31.

Kecepatan Redding yang semakin meninggi membawanya melaju ke urutan terdepan di lap 8 setelah melewati Johan Zarco yang telah membuat penonton Perancis kegirangan karena memimpin balapan. Rekan setim Redding, Kallio sempat menjadi ancaman bagi Redding lantaran di paroh kedua dari keseluruhan lap Kallio semakin cepat menggeber motornya. Hujan yang turun semakin deras menjelang balapan usai mengulur waktu Redding menuntaskan balapan, namun bendera merah berkibar di lap 24 dari 26 lap yang di rencanakan. Hasil balapan diperhitungkan pada akhir lap 22 (lap terakhir yang dilalui semua pembalap), sehingga Kallio beruntung mendapatkan podium dua meskipun posisinya diambil alih oleh Xavier Simeon sebelum balapan dihentikan. Namun demikian pembalap asal Belgia ini masih memperoleh podium pertamanya di urutan ketiga.

Sejauh ini Moto2 menghasilkan empat pemenang berbeda dari empat perlombaan yang sudah berlangsung pada musim 2013. Seiring dengan berlanjutnya MotoGP di Mugello Italia, Redding berhasil mengambil alih kepemimpinan klasemen sementara dari Rabat dengan selisih 24 poin.

Tags:

0 comments

Leave a comment

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!